Berita dan Infomasi, Wisata Alam, Wisata Bahari, Wisata Budaya

Wisata di Bangka Belitung

Selamat Datang di Pariwisata Provinsi Bangka Belitung
Provinsi Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan, wisata bahari dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan pendapatan daerah, disamping objek wisata sejarah dan acara adat khas Bangka Belitung. Oleh karena itu usaha jasa akomodasi/perhotelan perlu terus dikembangkan.

Pada tahun 2005, di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 61 hotel/losmen dengan 1.054 kamar tidur dan 1.630 tempat tidur. Dari 74.343 kunjungan wisatawan di Kepulauan Bangka Belitung, 99,43 persen adalah wisatawan domestik dan 0,57 persen wisatawan mancanegara. Dibandingkan dengan tahun 2004, jumlah ini terlihat mengalami peningkatan hingga 2,62 persen. Berikut merupakan daftar tempat wisata yang layak dikunjungi di kepulauan Bangka Belitung :

Belitung Barat:

  1.  Pantai Tanjung Tinggi, Letaknya di Kecamatan Sijuk, sekitar 45 menit dari Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.
  2. Pantai Tanjung Pendam, Pantai ini berpasir putih bersih. Terletak di utara kota Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan tempat berkumpulnya anak-anak muda setiap malam Kamis dan malam Sabtu.
  3. Bukit Berahu, Pemandangan matahari terbenam dari pantai ini tak boleh anda lewatkan. Di Bukit Berahu juga terdapat cottage yang harganya sangat terjangkau. Dengan Rp.300.000,- permalam, pemandangan pantai beserta keindahan senjanya akan menjadi milik anda.
  4. Pantai Tanjung Kelayang, Sebelum menuju surganya Belitung Barat, arahkan kendaraan anda menuju pulau ini. Sewa sebuah kapal dan peralatan snorkeling. Jangan lupa untuk membeli makanan untuk di bawa sebagai bekal.
  5. Pulau Lengkuas, Nah ini dia yang disebut Surga Belitung Barat. Keindahan bawah lautnya akan membuat anda ingin kembali lagi dan lagi dan algi. Di pulau ini terdapat Mercusuar Belanda tahun 1883. Jika sampai ke atasnya, anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang menjadi aksesoris cantik Lengkuas. Ada Pulau Burung, Pulau Babi, Pulau Pasir, Pulau Batu Garuda, dan Pulau Batu Berlayar. Snorkeling? Wajib sekali itu hukumnya.
  6. Gurok Beraye, Gurok dalam bahasa Belitung artinya buruk. Namun pada kenyataannya, air terjun yang berlokasi di Gunung Tajam ini jauh dari arti namanya.
  7. Rumah Adat Panggong (Tanjung Pandan)
  8. Bekas Pabrik Keramik KIA (Tanjung Pandan)
  9. Penambangan Kaolin (di daerah Aik Raya)
  10. Museum Tanjung Pandan
  11. Masjid Al-Ikhlas (bangunan khas Belanda)

Belitung Timur:

  1. Klenteng Dewi Kwan Im, Vihara yang terletak di atas bukit, Desa Burong Mandi, Kecamatan Manggar. Bagi pengunjung yang percaya dengan ramalan, sang juru kunci bisa membantu anda.
  2. Pantai Burong Mandi, Memang tidak ada batu-batuan granit di pantai ini seperti di Belitung tetapi anda bisa menemukan banyak kater di pantai ini, perahu kayu nelayan dengan kedua lengan sebagai pengaman keseimbangan.
  3. Kantin Kopi Apung, Manggar merupakan kota seribu warung kopi. Kami sempat mengunjungi salah satu warung kopi yang terletak di pinggir danau. Angin sepoi-sepoi dan kopi hangat akan menjadi pelengkap sore hari anda.
  4. Replika Sekolah Muhammadiyah, Belum afdol rasanya jika pergi ke Bangka Belitung tetapi tidak mampir ke sekolah yang menjadi tempat syuting di film Laskar Pelangi.
  5. Rumah Ibu Muslimah, Jangan lupa mampir ke rumah sosok pahlawan dari Gantong yang mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan di daerahnya. Beliau sangat terkenal, tanya saja rumahnya ke penduduk sekitar.

Bangka (Sungailiat):

  1. Pantai Parai Tenggiri, Pantai ini merupakan sang primadona Pulau Bangka, pantai tercantik yg dimiliki Pulau Timah.
  2. Pantai Matras, Pantai landai yang mempunyai pasir putih dan aliran sungai yang alami. Banyak warga yang sering datang berwisata, piknik sambil membakar ikan.

Bangka (Pangkalpinang):

  1. Pantai Pasir Padi
  2. Bangka Botanical Garden , Taman botani di daerah Kelurahan Itam ini layaknya oase hijau di tengah-tengah kerusakan yang diakibatkan oleh penambangan timah.
  3. Perajin Kain Cual Ishadi (Jl. Jendral A.Yani), Anda bisa menemukan kain tradisional yang diproduksi dalam bentuk yang sangat aplikatif di rumah ini. Kain cual aslinya berbentuk songket, namun Ibu Ishadi membuatnya dalam bentuk batik yang banyak dipesan untuk seragam pegawai negeri dan anak-anak sekolah.
  4. Kerkhof, Kompleks pemakaman Belanda yang terletak di Jl. Sekolah, Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui. Bukan hanya ada kuburan orang Belanda saja tetapi juga ada kuburan orang Cina dan Indonesia.
  5. Museum Timah, Satu-satunya museum timah yang ada di Indonesia. Terletak di Jl. Ahmad Yani no. 17. Dari mulai sejarah sampai kegunaan timah dalam kehidupan sehari-hari semuanya diceritakan di museum ini.
  6. Masjid Jamik Pangkalpinang, Masjid terbesar dan tertua di Pangkalpinang.

Bangka Barat (Muntok & sekitarnya)

  1. Pasar Muntok, Pasar ini terletak di pinggir laut. Awalnya, daerah ini daerah pelabuhanyang dibangun Belanda untuk mengangkut lada putih hasil bumi Bangka.
  2. Rumah Mayor Cina
  3. Tugu Proklamator Soekarno Hatta
  4. Eks. Kantor Timah
  5. Perajin Akar Bahar (Jl. Raya Peltim no.63)
  6. Perajin Pewter/timah (Komplek Peltim)
  7. Pesanggrahan Menumbing (Tempat pengasingan Soekarno & Hatta)
  8. Pantai & Mercusuar Tanjung Kalian

Pustaka :

About these ads

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: